Pelayanan Publik di Era Digital

Catatan : Brigjen Pol. Prof. Chrsyhnanda DL


Pelayanan kepada publik merupakan suatu kekuatan bagi suatu bangsa dan negara untuk dapat berdaulat berdaya tahan berdaya tangkal bahkan berdaya saing. Era digital merupakan suatu keniscayaan dan menjadi kebutuhan. Era digital telah mengglobal menembus sekat ruang dan waktu.

Sistem informasi komunikasi hingga transportasi akan terdampak. Di era digital dunia virtual akan menguasai dunia aktual maka akan terjadi pergerseran atas pola - pola kehidupan dan terjadi shock culture. Salah satu dampak era digital adalah menggeser cara cara manual parsial dan konventional akan ditinggalkan. Semua sistem pada hidup dan kehidupan akan menuju pada suatu sistem yang terpadu saling terhubung yang berbasis data dan sistem pelayanan satu pintu. Data akan menjadi kekuatan utama diera digital. Sistem algoritma menjadi tanda kekuatan sistem digital yang ditunjukan dalam infografis, info statistik dan info virtual. Keunggulan sistem terhubung / on line adalah mampu memberikan pelayanan prima yang didukung dengan catatan digital

Tatkala era digital awal diterapkan maka akan terjadi banyak konflik terutama konflik kepentingan. Namun tatkala era digital telah mampu menggeser cara lama atas pola hidup dan kehidupan maka pola baru akan muncul yang dijembatani dan diberi ruang oleh media. Sistem - sistem elektronik yang saling terhubung di era digital akan di landasi artificial intellegence dan internet of things. Kekuatan artificial intellegence pada aplikasi - aplikasi digital adalah pada algoritma yang mampu memprediksi, memberikan solusi senagai bentuk antisipasi yang disajikan secara real time.



Era digital merubah budaya dan perilaku birokrasi dari sebatas pragmatis menjadi analisis yang diwujudkan dalam algoritma. Era digital yang diterima oleh publik dan sebagai bagian dari keteraturan sosial, sistem - sistem pelayanan publiknya menjadi prima dan mampu meminimalisir potensi - potensi terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang. Sistem algoritma yang diterapkan akan menjadi bagian dari akuntabilitas kepada publik

Sistem - sistem pelayanan publik di era digital di bidang: keamanan, keselamatan, hukum, admnistrasi, informasi dan kemanusiaan akan menembus sekat ruang dan waktu dan membantu pada tingkat manajemen maupun operasional. Sistem sistem on line yang ada akan dapat mensinergikan satu sama lainnya bahkan akan menguasai pasar dalam berbagai lini kehidupan. Tatkala terjadi disrupsi maka akan ada sesuatu yang kontraproduktif. Keteraturan di dunia siber dan pada sistem pelayanan virtual dioerlukan adanya sistem pengaman dan pengawasan serta pertanggungjawaban secara siber.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama