Cerita Aipda Iqbal, Polisi Pendakwah di Riau yang Kini Juara Dai Kamtibmas

 

 

Pekanbaru - Keberadaan Bhabinkamtibmas memang sangat dibutuhkan di desa-desa. Selain memastikan keamanan, pak bhabin juga mulai aktif membina kehidupan sosial dan keagamaan.
Hal ini seperti yang dilakukan pak bhabin di Kepenghuluan Karya Mulia Sari, Rokan Hilir, yaitu Aipda Iqbal Dhalimunte. Polisi lulusan bintara tahun 2007 itu dikenal aktif sebagai pendakwah.

Iqbal aktif mengajak masyarakat di sekitar tempatnya berdinas untuk memakmurkan masjid. Bahkan, saat kegiatan keagamaan ia mengajak pemuda aktif terlibat menjadi penggerak kegiatan desa.

"Selain sebagai bhabin saya dan penghulu itu ada kegiatan agama. Kita setiap jumat ada baca yasin, setiap bulan ada kegiatan-kegiatan sosial sama pemuda," kata Iqbal saat berbincang dengan detikSumut, Rabu (5/4/2023).

Tidak hanya itu, Iqbal juga aktif berdakwah dalam kegiatan keagamaan. Bahkan, bagi Iqbal berdakwah saat ini menjadi rutinitas bersama masyarakat hingga beberapa kali jadi juara dalam perlombaan.

"Kalau ceramah itu sudah rutinitas biasa. Kalau musim tiba maulid nabi, isra mi'raj biasa mengisi ceramah agama. Tapi saat ini saya sudah berangsur ngajak pemuda aktif," kata Iqbal.

Terbaru, Iqbal menjadi pemenang dalam lomba Dai Kamtibmas yang digelar Polda Riau malam tadi. Iqbal menang juara 1, disusul oleh Bripda Imanudin Lubis untuk juara 2 dan Briptu Silja Gandi.

"Kita sekarang sudah berangsur mengajak masyarakat masuk masjid. Kita ajak para pemuda beraktivitas di masjid, prinsipnya kalau pemuda itu baik maka baiklah satu negeri itu. Kalau hancur pemuda tentunya hancurlah negeri itu. Alhamdulillah malam tadi juga juara Dai Kamtibmas dari bapak Kapolda," katanya yang juga menang juara 1 pada 2019 silam.

Sementara Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan lomba Dai Kamtibmas dan Kasidah, antar Polres se-Provinsi Riau digelar, Selasa (4/4/2023) malam di Mapolda. Kegiatan itu diinisiasi langsung Irjen Iqbal dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1444 H.

"Saya menginisiasi audisi di setiap polres-polres. Personel yang memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi Dai Kamtibmas. Itu penting untuk memberikan imbauan di tempat ibadah, khususnya masjid. Sehingga lebih mengena dalam mengajak masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan pendekatan agama dan ibadah," katanya.

Kegiatan itu juga sekaligus menyampaikan bahwa sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat, polisi layak untuk ditauladani. Sehingga bisa jadi inspirasi melalui ide yang sederhana tersebut pada seluruh personel polisi yang ada di Bumi Lancang Kuning.

"Untuk lomba qasidah, itu seni sekaligus mengajak pesan keagamaan. Tadi malam bapak gubernur (Syamsuar), tokoh agama, tokoh adat hadir disini melihat tim saya. Ya sekaligus merasakan kesejukan ramadan, doakan ini membawa berkah untuk Bumi Lancang Kuning," kata Iqbal.

Melalui lomba itu, mantan Kadiv Humas Polri itu ingin membangun SDM Polri di polres jajaran memiliki akhlak yang baik. Sehingga personelnya yang berjumlah lebih dari 10 ribuan di Riau bisa menjadi contoh.

Sebagai informasi, pemenang lomba Dai Kamtibmas Juara 1 adalah Aipda Iqbal Hamzah Dalimunthe dari Anggota Polres Rohil. Selanjutnya juara II diraih oleh Bripda Imanuddin Maulana Lubis dari Polres Rohul dan Briptu Silja Gandi asal Polres Kuansing menempati juara III.

Sementara juara 1 lomba Qasidah diraih Qasidah utusan dari Polres Siak, juara II diraih oleh Qasidah utusan dari Polres Dumai dan juara III diraih Qasidah utusan dari Polres Pelelawan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama