Kapolri : Kami Terjunkan Ratusan Personel TNI-Polri untuk Bebaskan Pilot Susi Air




Jayapura - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, hampir 1.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Methrtens, yang disandera teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.


Adapun Philip sudah disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023, di mana saat itu pesawat yang Philip naiki juga dibakar.


Hal tersebut Sigit sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023).


"Terkait dengan peristiwa ini, Polri bersama TNI telah menggelar Operasi Paro, melibatkan 965 personel, di mana personel tersebut saat ini sudah kami terjunkan ke titik-titik tertentu untuk melaksanakan penindakan," ujar Sigit.


Sigit mengatakan, penindakan ini akan tetap mengutamakan keselamatan pilot Susi Air yang sedang disandera.


Selain melakukan penindakan, Polri juga terus melakukan upaya diplomasi luar negeri. "Yaitu dengan Kedutaan Besar Selandia Baru, Atpol New Zealand, Australia Federal Police, kelompok MSG (Melanesian Spearhead Group, berbagai tokoh luar negeri," jelasnya.


"Di mana mereka semua menghormati kedaulatan Indonesia dan mengecam aksi penyanderaan oleh kelompok KKB tersebut," imbuh Sigit.


Tim gabungan juga melakukan upaya pendekatan lunak atau soft approach yang melibatkan masyarakat adat setempat guna memulangkan Kapten Philip.


Kepala Divisi Humas Polri yang saat itu dijabat Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, soft approach dilakukan melalui komunikasi antara pihak Satgas Damai Cartenz, Polda Papua kepada pihak KKB yang melakukan penyanderaan terhadap Philip.


“Apalagi kapolda adalah warga asli sana, Papua. Jadi pendekatan-pendekatan secara kearifan lokal saya rasa kapolda teknis bisa melaksanakan itu. Harapan semua itu, agar secepatnya pilot Susi Air bisa dikembalikan atau bisa kita terima dengan selamat,” kata Dedi di Jakarta, Kamis (16/2/2023).


Meski begitu, aparat penegak hukum juga mempersiapkan pendekatan hukum di bawah kendali langsung oleh Kapolda Papua.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama