Tingkatkan Kamtibmas, Polres Boltim Gelar Latkatpuan Satkamling


TUTUYAN Tribratanews Boltim, –  Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui  Satuan Binmas mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan (latkatpuan) Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling)  di wilayah hukum Polres Boltim .


Kegiatan yang berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polres Boltim ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para linmas  dalam melaksanakan tugas sebagai Satkamling. Selasa(21/5/2024)



Pelatihan ini mencakup berbagai aspek pengamanan, mulai dari dasar-dasar linmas dalam pelaksanaan tugas, peran serta dan  kewajiban sebagai linmas, pelatihan baris berbaris serta penanganan masalah terbatas.


Sebanyak 34 peserta pelatihan dan Satkampling menunjukkan antusiasme yang tinggi.


“Pelatihan ini sangat bermanfaat kami mendapatkan pengetahuan tentang peran serta dan kewajiban kami belum lagi pengetahuan lainnya,” ungkap salah satu peserta.


Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi SIK, .M. Tr. Opsla dalam sambutannya mengatakan pihaknya terus berupaya menjalin kemitraan yang erat dengan masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan kondusivitas lingkungan.


“Salah satu langkah nyata dari upaya tersebut adalah memberikan pelatihan peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (satkamling),” jelas Kapolres


Menurutnya, keberadaan Satkamling merupakan instrumen penting dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di tengah kehidupan masyarakat.


“Dengan dukungan Bhabinkamtibmas yang profesional dan berdedikasi, Satkamling di wilayah Polres Boltim diharapkan akan semakin efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” ujarnya


Kapolres menegaskan, wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur hingga saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif. Namun, aparat dan masyarakat tidak boleh lengah, apalagi tahapan Pilkada 2024 sudah berjalan.


Kasat Binmas AKP Sriyono saat membuka materi pelatihan menambahkan, Satkamling dapat dikatakan sebagai garda terdepan yang paling dekat dengan masyarakat untuk mengetahui situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat.


“Untuk mencapai situasi yang aman dan kondusif di suatu daerah, terlebih dahulu harus menjaga keamanan di tingkat desa, kemudian kecamatan, dan selanjutnya kabupaten,” Ucap Kasat Binmas


“Di situlah pentingnya kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Satkamling ini, sekaligus juga memberdayakan potensi masyarakat,” tandasnya Kasat Binmas Mengakhiri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama