Kapolda Riau Cek Arus Mudik: Jangan Ada Pospam tapi Orangnya Duduk-duduk

 

 

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal meninjau arus mudik Idul Fitri 2023 dengan meninjau Pos Pengamanan. Dia tidak ingin petugas yang berjaga di Pospam hanya duduk-duduk.

Pantauan dari awak media, peninjauan pertama dilakukan di Pos Pengamanan di Simpang Bingung. Iqbal ingin memastikan arus lalu lintas dari arah Sumatera Utara menuju Pekanbaru lancar.

"Saya lihat pos persiapan ternyata sudah cukup siap. Tapi ada beberapa hal yang harus dikuasai Kapospam, harus detail. Ini karena keberadaan pos pengamanan untuk memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat," kata Kapolda Riau di lokasi, Selasa (18/4/2023).

Khusus arus mudik kali ini, Iqbal menyebut ada dua hal yang harus diperhatikan oleh petugas. Dua hal itu mulai dari gangguan jalanan dan keamanan, ketertiban hingga kelancaran lalulintas.

"Pertama adalah gangguan street crime (gangguan di jalan) dan gangguan lainnya. Kemudian Kanseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas) terjamin. Saya perintahkan teman-teman bertugas terlibat dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 harus all out," kata Iqbal.

Salah satunya apabila ada kemacetan turun langsung. Termasuk ikut intervensi pencegahan agar tak terjadi kecelakaan dan melakukan upaya kepolisian untuk melakukan patroli di rumah kosong yang ditinggal pemudik.

Petugas siaga disebut harus harus efektif dan produktif dalam bertugas. Iqbal tidak ingin ada pos, tetapi tidak produktif selama masa mudik lebaran.

"Jangan sampai hanya ada pospam, tapi orangnya duduk duduk saja. Kami akan selalu sidak, jika ditemukan ada petugas yang tidak bekerja, maka saya perintahkan bagian pengawasan untuk menindak tegas," ucap mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Setelah memberikan pengarahan Kapolda Riau, Ketua Bhayangkari Nindya Iqbal dan jajaran memberikan bantuan pada petugas yang berjaga. Termasuk meninjau arus dari arah Sumatera Barat dan Sumatera Utara di Simpang Empat Jalan Garuda Sakti Kota Pekanbaru.

Sementara Direktur Lalulintas Polda Riau Kombes Dwi Nur Setiawan mengatakan pada mudik lebaran kali ini ada 61 posko lebaran. Di mana 35 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan serta 4 pos terpadu.

"Total ada 61 pos yang terdiri dari 35 pos pengamanan 22 pos pelayanan dan 4 pos terpadu. Jadi mulai hari ini pos mulai berfungsi," kata Dwi saat mendampingi Kapolda Riau.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama