Polres Padang Lawas Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2023

 

SUMUT — Dalam rangka menurunkan angka pelanggaran lalulintas, Lakalantas dan potensi fatalitas lakalantas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, Polres Padang Lawas laksanakan apel gelar pasukan operasi patuh toba 2023.

Apel gelar pasukan dipusatkan di lapangan Markas Polres Padang Lawas yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Diari Astetika SIK, dan di tandai dengan acara penyematan pita kepada empat orang perwakilan pasukan, dimana para pejabat utama, para Kapolsek dan undangan dari Pemda Padang Lawas hadir dalam apel tersebut, Senin (10/7/2023) pukul 12.00 WIB.

Sehingga operasi patuh toba yang digelar selama 14 hari dari tanggal 10 sampai dengan 23 Juli ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka menurunkan angka pelanggaran lalulintas, Lakalantas dan potensi fatalitas lakalantas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Kesempatan tersebut, Amanat Kapolda yang dibacakan Kapolres AKBP Diari Astetika, S.I.K menyebutkan konsep Operator Patuh Toba 2023 bersifat terbuka dan penegakan hukum dgn ETLE statis atau mobile dan hend held, tidak diperbolehkan melakukan melakukan penegakan hukum secara stasione (razia).

Sasaran Operasi Patuh Toba 2023 yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi.

Diari juga menjelaskan ada tujuh poin pelanggaran prioritas akan dilakukan dengan tindakan tilang secara teguran bagi pengendara yang melanggar peraturan berlalu lintas.

Ketujuh poin pelanggaran prioritas ini termasuk, pengemudi ranmor yang gunakan hand phone saat berkendara, pengemudi ranmor yang masih dibawah umur, pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol, pengemudi melawan arus dan pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan.

“Meskipun tindakan yang dilakukan sebuah penilangan secara teguran, kami harap pengendara taat dan patuh pada aturan berlalu lintas. Hati-hati berkendara dan hargai pengendara lainnya,” ucapnya.

Selain itu ia juga menerangkan ada 3 poin tujuan dan sasaran operasi patuh toba tahun 2023 ini yakni, menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban dan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,”

“Sedangkan sasaran yaitu potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas baik di jalan tol maupun jalan non tol,” jelasnya mengakhiri.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama